Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk HP Android dari Gratis Hingga Berbayar

Selama di rumah aja, ada banyak hal yang bisa kamu gali untuk mengisi waktu luang kamu, salah satunya yaitu dengan mengasah kemampuan edit foto kamu. Selain dapat membuat isi galeri dan feed instagram kamu menjadi semakin keren, kamu juga dapat menjadi lebih produktif.

Terkadang hasil foto dari kamera secara langsung masih memiliki kekurangan, baik dari sisi warna, ketajaman foto, hingga mungkin terdapat banyak noise yang menganggu. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya aplikasi edit foto yang akan membantu kamu untuk menciptakan gambar hasil foto yang menjadi jauh lebih menarik dari foto aslinya.

Langsung saja, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi untuk kamu yang ingin mengedit foto melalui hp android.

1. Adobe Photoshop Express

Siapa yang tidak mengetahui perusahaan bernama Adobe? Tentu saja kamu sudah tidak asing lagi. Perusahaan adobe memang berfokus pada bidang aplikasi, salah satunya yaitu pada bidang editing. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya aplikasi keren hasil dari developer satu ini, seperti aplikasi Photoshop, Adobe Premiere Rush sebagai aplikasi edit video android, Lightroom, dan salah satunya Adobe Photoshop Express sebagai versi lite dari Photoshop untuk perangkat mobile.

Fitur-fitur yang dimiliki Adobe Photoshop Express dapat dikatakan sangat profesional. Terdapat beragam fitur layaknya yang kita dapat temukan pada versi PC, seperti noice reduction, image coloring, dan beberapa tool penting lainnya. Meskipun fitur yang dihadirkan sangat menarik, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk instalasi awal, karena dapat didownload secara gratis melalui Google Play Store atau App Store.

2. Adobe Lightroom

Posisi kedua masih ditempati oleh Adobe bersaudara, yaitu kali adalah Lightroom. Bagi kamu yang memang bergelut dibidang fotografi, tentu sudah asing lagi dengan Lightroom. Aplikasi ini satu ini memang dikenal memiliki kemampuan dalam menyulap foto menjadi jauh lebih hidup dan berwarna.

Terbukti, aplikasi Lightroom dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi paling banyak digunakan oleh para selebgram atau influencer untuk foto-foto yang mereka unggah di sosial media. Tidak itu saja, Lightroom juga sering digunakan oleh para profesional, contoh dalam mengolah foto prewedding, event, dan beragam lainnya.

Cara mendapatkan Adobe Lightroom, kamu dapat langsung mengetiknya melalui tombol pencarian di Google Play Store. Tenang, sama seperti Photoshop Express, kamu bisa mendownloadnya secara cuma-cuma. Namun, ada beberapa fitur yang mengharuskan kamu membayar untuk mengaktifkannya.

3. PicsArt

PicsArt merupakan salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu coba. Aplikasi edit foto untuk hp ini telah digunakan lebih dari 100 juta ponsel android di seluruh dunia. Tentu saja popularitas PicsArt karena didukung oleh beragam fitur yang ditawarkan. Seperti halnya effect yang bisa dibilang magic dan membuat foto kamu menarik, serta beberapa fitur umum aplikasi edit foto seperti, kolase, crop, dan sebagainya.

PicsArt terdapat dua versi, pertama versi gratis, kedua tentunya berbayar. Pada versi gratis, kamu tetap bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan. Namun, kamu akan melihat beberapa iklan saat mengoperasikannya.

4. SnapSeed

Tidak kalah dari ketiga aplikasi sebelumnya, SnapSeed merupakan aplikasi edit foto yang sangat bisa kamu andalkan. Ada banyak filter tersedia yang bisa langsung digunakan, seperti mengubah foto ke mode HDR yang membuat foto lebih menjadi dramatis, atau kamu juga dapat mengubahnya ke dalam mode hitam putih.

Tidak hanya dengan filter saja, jika kamu ingin memberikan sentuhan khas yang kamu inginkan, kamu bisa memanfaatkan fitur editing manual. Kamu bisa mengatur seberapa tinggi level exposure, black and white, atau bahkan kamu dapat melakukan seleksi hue saturation hanya pada bagian tertentu pada foto. Wow! Sangat menarik bukan?

Dari keempat aplikasi di atas, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu tidak hanya bisa menggunakan satu aplikasi, namun kamu juga dapat mengkolaborasikannya. Tentu saja ini sangat menarik, mengingat pada versi gratis, kamu hanya dapat menggunakan fitur terbatas yang berbeda pada tiap aplikasinya.