Bagaimana Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless Steel dengan Benar

Dengan lapisan permukaan yang canggih dan eksterior yang tangguh, baja tahan karat adalah logam yang umum di dunia pembuatan jam. Banyak jam tangan original termasuk Timex dan juga jam tangan Casio yang dilengkapi dengan kasing dan gelang stainless steel, dari perak klasik hingga selesai dari logam.

Sementara bahan yang keras, baja tahan karat masih membutuhkan cinta dan perawatan jika Anda ingin tetap terlihat segar dan cerah. Bagian penting dari mempertahankan tampilan dan fungsi jam tangan stainless steel Anda adalah pembersihan rutin dengan benar. Di bawah ini, kami membahas cara membersihkan jam tangan stainless steel untuk menjaga kilau yang dipoles dan mencegah kerusakan di dalamnya.

Mengapa gelang jam tangan stainless steel membutuhkan perawatan khusus?

Seiring waktu, tampilan jam tangan stainless steel yang dipoles bisa mulai kusam. Bukaan sedikit di antara mata rantai gelang logam juga dapat melindungi debu dan kotoran, yang dapat menyebabkan keausan atau bahkan korosi. Bahkan dengan desain tahan air, jam tangan stainless steel bisa rentan terhadap karat karena sering berenang, paparan air asin atau bahkan hanya berkeringat saja.

Jika Anda memiliki jam tangan selam yang sering digunakan di air asin atau bahkan di danau air tawar, Anda perlu sedikit perawatan khusus untuk memastikannya tetap bersih, segar dan fungsional.

Berikut cara membersihkan jam tangan stainless steel dengan benar:

1. Usap ke bawah

Mulailah dengan menyeka jam tangan dengan kain lembut untuk menghilangkan lapisan awal dari kotoran, debu, atau debu. Anda dapat menggunakan handuk kertas untuk ini, tetapi kain microfiber atau chamois direkomendasikan. Dalam keadaan darurat, handuk piring bersih atau ujung t-shirt akan berfungsi dengan baik, tetapi kemungkinan tidak akan menghilangkan kotoran sebanyak kain halus yang lebih halus.

2. Celupkan jam tangan ke dalam air sabun hangat (hanta berlaku untuk jam tangan original anti air ya)

Pertama, penting untuk dicatat bahwa Anda menginginkan air hangat, bukan air panas atau uap. Dan inilah alasannya: fluktuasi suhu dapat menyebabkan gasket yang membuat air keluar atau mengembang, berpotensi membiarkan air menembus arloji itu sendiri dan merusak komponen halus di dalamnya. Bahkan arloji selam yang paling kuat dan tahan air dapat gagal setelah malam di bak mandi air panas atau sauna, dan sebagian besar produsen arloji merekomendasikan untuk tidak mandi dengan arloji Anda di pergelangan tangan Anda karena paparan air di atas 100 derajat Fahrenheit.

Jadi untuk membersihkan jam tangan Anda, isi baskom wastafel atau mangkuk bersih dengan air hangat. Rendam sebentar dan sedikit penyeka dengan kain harus menghilangkan sebagian besar kotoran dari arloji Anda. Jika tidak, Anda dapat menambahkan setetes sabun cuci piring antibakteri ke dalam air. Sabun cuci piring diformulasikan untuk melarutkan minyak, oleh karena itu ia bekerja untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari baja tahan karat. Jika arloji tidak tahan air, berhati-hatilah untuk hanya mencelupkan tali ke dalam air – Anda tidak ingin merusak arloji dengan mencoba membersihkannya.

3. Gosok gelang stainless steel dengan lembut

Gunakan sikat gigi yang lembab dan bersih untuk masuk ke celah-celah gelang stainless steel. Perhatikan seberapa banyak tekanan yang Anda berikan, karena tangan yang berat dapat menyebabkan goresan yang tidak diinginkan.

4. Bilas dengan air hangat

Celupkan gelang ke dalam air hangat atau letakkan di bawah bak cuci untuk membilas sabun. Membiarkan residu sabun pada baja dapat menyebabkan noda dan terlihat kusam, sementara bilas yang tepat akan membantu menjaga permukaan yang baru disikat atau dipoles seperti baru.

5. Keringkan dengan kain lembut

Tepuk-tepuk jam tangan dengan handuk mandi, atau gunakan pengering rambut dengan pengaturan panas rendah agar cepat kering di sela-sela penghubung. Jika Anda mengenakan arloji segera setelah Anda membersihkan dan membilasnya, panas tubuh Anda akan membantu menyingkirkan air di antara gelang dan di celah kecil lainnya.

6. Tambahkan cairan untuk kilau

Semprotkan pembersih kaca pada kain lembut, dan usap bagian depan jam tangan, kasing dan gelang untuk menyegarkan penampilannya dan membuat lebih berkilau. Jika pembersihan sudah terlambat, Anda bisa masuk lebih dalam ke gelang dan celah-celahnya dengan mencelupkan sikat lembut ke dalam pembersih kaca dan dengan lembut menggosok gelang. Jika Anda merasa nyaman melepas gelang, Anda dapat melepasnya dari kasing dan merendamnya dalam pembersih kaca selama sekitar 15 menit, dan kemudian membilasnya dengan air bersih. Pastikan untuk membersihkannya dengan kain lembut saat Anda selesai.

Seberapa sering Anda harus membersihkan jam tangan stainless steel?

Jika Anda memakai jam tangan Anda setiap hari, berikan pembersih yang dalam sekali sebulan. Pemakai arloji yang paling teliti akan menghapus arloji mereka setiap hari. Sama seperti mencuci muka dan menyikat gigi sebelum tidur, arloji Anda bisa mendapat manfaat dari pembersihan yang cepat. Gunakan kain lembut untuk menyeka bagian dalam pita, ditambah bagian belakang dan depan kasing. Ini akan membantu menghilangkan kelembaban atau lotion berlebih yang menggosok kulit Anda dan menjadi arloji sepanjang hari. Perawatan dan perawatan rutin untuk jam tangan Anda akan membuat pembersihan mendalam bulanan Anda lebih mudah.

Sesekali, ada baiknya Anda membersihkan jam tangan Anda di layanan dan pembersihan profesional. Seorang ahli dapat menghilangkan goresan yang tidak bisa dilakukan sikat gigi Anda. Seorang perhiasan juga dapat melakukan penyetelan reguler, termasuk penggantian gasket untuk menjaga ketahanan air, untuk memastikan arloji Anda berada dalam kondisi kerja yang baik.