Bagimana Mencegah Tertular Corona (Covid-19) di Era Normal Baru ini?

Virus baru yang disebut sindrom pernapasan akut parah coronavirus 2 (SARS-CoV-2) diidentifikasi sebagai penyebab wabah penyakit yang dimulai di Cina pada 2019. Penyakit ini disebut penyakit coronavirus 2019 (COVID-19).

Pada bulan Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi. Kelompok kesehatan masyarakat, termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS dan WHO, memantau pandemi dan memposting pembaruan di situs web mereka. Kelompok-kelompok ini juga telah mengeluarkan rekomendasi untuk mencegah dan mengobati penyakit.

Bagaimana COVID-19 menyebar?

Data menunjukkan bahwa itu menyebar dari orang ke orang di antara mereka yang berada dalam kontak dekat (dalam jarak sekitar 6 kaki, atau 2 meter). Virus ini menyebar melalui tetesan pernapasan yang dilepaskan ketika seseorang yang terinfeksi virus batuk, bersin atau berbicara.

Apa saja gejala COVID-19?

Gejala COVID-19 bisa sangat ringan hingga berat. Beberapa orang tidak memiliki gejala. Gejala yang paling umum adalah demam, batuk dan kelelahan. Gejala lain mungkin termasuk sesak napas, sakit otot, menggigil, sakit tenggorokan, sakit kepala, sakit dada, dan kehilangan rasa atau bau. Daftar ini tidak termasuk semua. Gejala lain yang kurang umum juga telah dilaporkan. Gejala dapat muncul dua hingga 14 hari setelah terpapar.

Bisakah COVID-19 dicegah atau diobati?

Vaksin saat ini tidak tersedia untuk penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Tidak ada obat yang disarankan untuk mengobati COVID-19. Pengobatan diarahkan untuk menghilangkan gejala.

  • Hindari acara besar dan pertemuan massal.
  • Kenakan masker wajah kain di tempat umum.
  • Sering ukur suhu tubuh, anda bisa membeli beberapa alat kesehatan secara online.
  • Hindari kontak dekat (dalam jarak sekitar 6 kaki, atau 2 meter) dengan siapa saja yang sakit atau memiliki gejala.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol.
  • Tutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau tisu ketika Anda batuk atau bersin. Buang tisu bekas.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.
  • Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering Anda sentuh setiap hari.

Jika Anda memiliki kondisi medis kronis dan mungkin memiliki risiko penyakit serius yang lebih tinggi, tanyakan kepada dokter Anda tentang cara lain untuk melindungi diri sendiri.

Haruskah saya memakai masker?

CDC merekomendasikan untuk mengenakan penutup wajah kain di tempat-tempat umum, seperti toko kelontong, di mana sulit untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain. Ini terutama disarankan di daerah dengan penyebaran komunitas yang sedang berlangsung. Saran yang diperbarui ini didasarkan pada data yang menunjukkan bahwa orang dengan COVID-19 dapat menularkan virus sebelum mereka menyadari bahwa mereka memilikinya. Menggunakan masker di depan umum dapat membantu mengurangi penyebaran dari orang yang tidak memiliki gejala. Masker kain non-medis direkomendasikan untuk umum. Masker bedah dan respirator N-95 tidak tersedia dan harus disediakan untuk penyedia layanan kesehatan.

Bisakah saya bepergian?

Jika Anda berencana untuk bepergian, periksa terlebih dahulu untuk saran perjalanan. Anda juga mungkin ingin berbicara dengan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan komplikasi pernapasan.

Apa yang dapat saya lakukan jika saya sakit atau mungkin menderita COVID-19?

Jika Anda mengalami gejala dan Anda telah terpapar virus COVID-19, hubungi dokter Anda untuk nasihat medis. Jika Anda perlu pergi ke dokter atau rumah sakit, hubungi terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa orang lain tidak terpapar.

Ambil tindakan pencegahan berikut untuk menghindari penyebaran penyakit:

  • Tinggal di rumah dari tempat kerja, sekolah, dan area publik, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis.
  • Hindari menggunakan transportasi umum jika memungkinkan.
  • Kenakan topeng di sekitar orang lain.
  • Tunda terlebih dahulu jika anda merencanakan berpergian tour ke luar negeri.
  • Isolasi diri Anda sebanyak mungkin dari orang lain di rumah Anda.
  • Gunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah jika memungkinkan.
  • Hindari berbagi piring, gelas, tempat tidur, dan barang-barang rumah tangga lainnya.

Semoga membantu.