Hindari, Inilah Bahaya Debu Terhirup Saat Membersihkan Rumah!

Jangan pernah meremehkan bahaya debu terhirup saat membersihkan rumah. Meskipun berbahaya, sayangnya masih cukup banyak orang yang mengesampingkannya. Pertanyaannya kemudian adalah sebesar apa bahaya debu yang terhirup saat membersihkan rumah?

Pada dasarnya hidung manusia memiliki proteksi tersendiri untuk mencegah debu masuk ke pernapasan. Sayangnya tidak semua debu bisa tersaring oleh bulu hidung. Sebab semakin kecil ukuran debu, semakin besar kemungkinan debu menyelinap ke paru-paru.

Terlebih lagi pada saat Anda membersihkan debu yang ada di rumah maupun apartemen. Secara otomatis akan banyak debu yang berhasil menyelinap masuk ke paru-paru. Nah, jika memang semacam itu, lalu sebahaya apa debu yang terhirup tersebut?

ayo baca juga artikel tentang jasa bersih rumah tangerang

  1. Bronkitis

Bronkitis merupakan kondisi dimana mukosa mengalami peradangan. Kondisi semacam ini bisa berakibat terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan. Selain itu juga berpotensi meningkatkan produksi lendir.

Jika kondisi sudah seperti ini, umumnya akan ditandai dengan adanya batuk parah berlendir hingga kesulitan bernapas. Bronkitis sendiri sejatinya disebabkan oleh infeksi paru-paru oleh virus dan iritasi. Dan debu juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

  1. Iritasi Mata

Pada dasarnya iritasi mata bisa disebabkan oleh alergi, iritasi, dan infeksi. Sementara itu bentuk iritasi mata paling umum ditandai dengan mata berubah menjadi merah. Ketika Anda sedang membersihkan debu, potensi debu masuk ke mata pun menjadi sangat besar.

Pada saat mata Anda tanpa sengaja kemasukan debu, sebaiknya jangan menguceknya. Cukup gunakan obat tetes mata untuk membersihkan mata Anda. Nantinya air mata akan keluar bersamaan dengan debu yang tidak sengaja masuk tadi.

  1. Asma

Debu bisa dikatakan sangat berbahaya terutama bagi penderita asma. Pasalnya saat debu terhirup oleh penderita asam, bisa membuat penyakitnya langsung kambuh. Bahkan pada kondisi yang lebih parah, bisa menghentikan sistem pernapasan. Hal semacam ini pastinya akan sangat membahayakan.

kunjungi juga : jasa bersih rumah bsd

  1. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi bisa dikatakan sebagai kondisi lanjutan dari bersin-bersin. Kondisi ini terjadi jika adanya peradangan pada rongga hidung. Peradangannya sendiri disebabkan oleh adanya alergi.

Kondisi semacam ini sebenarnya sangat umum terjadi. Artinya Anda bisa saja alergi terhadap banyak hal. Dan salah satunya adalah debu ini. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk berhati-hati pada saat membersihkan debu di tempat tinggal Anda.

  1. Pilek dan Bersin

Saat membersihkan debu yang ada di rumah maupun apartemen, ada kalanya Anda akan bersin-bersin yang setelahnya disertai dengan pilek. Bersin pada dasarnya merupakan cara tubuh untuk mengusir bakteri atau benda asing secara paksa dari hidung dan tenggorokan.

  1. Batuk

Batuk saat membersihkan rumah yang berdebu adalah hal yang lumrah. Pasalnya batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari dalam tubuh. Dalam kondisi seperti ini, batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan debu yang tidak sengaja Anda hirup. Tujuannya agar tidak masuk ke paru-paru yang bisa mengganggu sistem pernapasan.

Mulai sekarang Anda harus lebih memperhatikan hal-hal kecil yang berpotensi mengganggu kesehatan. Menggunakan masker saat membersihkan debu di rumah atau apartemen adalah salah satu pilihan yang cerdas. Apalagi bahaya debu terhirup saat membersihkan rumah bisa dikatakan cukup fatal.