Bisnis Online IRT Untuk Ibu yang Produktif

Pekerjaan ibu rumah tangga dapat menjadi sangat membosankan karena rutinitas yang sama dan hanya menunggu suami pulang dari bekerja. Nah, seorang IRT dapat memanfaatkan waktu luang ini dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan sehingga lebih produktif. Berikut akan disajikan beberapa bisnis online IRT yang patut dicoba. Pilihan bisnis ini tentu sangat fleksibel sehingga tugas utama sebagai seorang ibu tetap dapat dijalankan dengan baik.

1. Penulis Artikel

Pilihan ini sangat cocok apalagi jika memiliki keterampilan dan hobi menulis. Bergabung saja dengan jasa penulis artikel yang kini kian ramai seiring dengan meningkatnya kebutuhan artikel baik untuk promosi bisnis, pendidikan dan sebagainya. Bisnis ini pun tidak mengikat karena bisa dikerjakan kapan dan dimana saja serta tidak ada target tertentu. Cukup membutuhkan akses internet dan laptop, pendapatan pun akan mengalir.

2. Berjualan Via Online

Jika tidak menyukai dunia tulis menulis, bisnis satu ini dapat menjadi solusi.  Jika sebelumnya perlu membuat artikel maka berjualan cukup aktif di media sosial atau marketplace untuk melayani jual beli online. Menjadi reseller pun sebuah ide kreatif karena dapat meminimalkan harga pokok. Hanya bermodal gadget dan akses internet, bisnis ini dapat dijalankan dengan mudah.

3. Penerjemah Online

Jika memiliki keahlian dalam salah satu bahasa, maka sangat tepat untuk memilih bisnis ini. Jasa penerjemah  sangat menguntungkan karena hanya mengerjakan dalam beberapa jam saja, uang minimal Rp 50.000 pun akan didapat. Jasa ini dapat ditawarkan di toko online populer di Indonesia atau media sosial.

4. Editor Naskah

Kini semakin banyak self publisher atau penulis yang menerbitkan sendiri karyanya. Nah, self publisher tersebut membutuhkan freelance editor yang akan membantu mengedit naskah agar layak terbit. Rincian pekerjaan editor seperti memperbaiki kesalahan penulisan, tanda baca dan penghubung, keterpaduan antar paragraf dan sebagainya. Jika memiliki kemampuan design pun dapat membuat layout cover buku sekaligus.

5. Menjadi Agen PPOB (Payment Point Online Bank)

PPOB ialah pembayaran online dengan memanfaatkan jasa bank sebagai perantara yaitu payment point. Pembayaran yang dimaksud seperti tagihan PLN, PDAM, telepon, wifi bahkan angsuran suatu kredit. Pekerjaan ini sangat fleksibel dan tidak membutuhkan banyak waktu sehingga tugas sebagai IRT pun tidak terbengkalai

Menunggu penghasilan suami sementara sebagai ibu memiliki waktu kosong tentu sangat tidak nyaman dan membosankan. Maka tidak ada salahnya mencoba bisnis online IRT di atas sesuai minat masing-masing. Jadilah IRT yang produktif, penghasilan bertambah tanpa melupakan tugas utama.