Cara Cek Rekening Listrik PLN Tahun 2019

PLN adalah salah satu perusahaan milik negara tertua di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1965. PLN telah memberikan banyak kontribusi kepada negara ini. Salah satu kontribusi terbesar dari PLN adalah, tentu saja, pemerataan distribusi listrik di Indonesia. Berbicara tentang listrik tentu ada hubungannya dengan itu. Apa pun jenis listrik yang Anda gunakan di rumah, listrik itu prabayar atau pascabayar. Anda harus membayar faktur setiap bulan, karena nya penting untuk mengetahui cara cek tagihan listrik agar tidak terjadi gagal bayar tagihan.    

Jika Anda tidak membayar, PLN akan menarik listrik. Wow, Anda tidak bisa membayangkan hidup tanpa listrik. Jadi Anda jangan lupa untuk membayar tagihan listrik PLN terbaru pada tahun 2019.

Cara memeriksa tagihan listrik melalui call center

Cara termudah untuk memeriksa penggunaan listrik Anda adalah dengan menelepon 123 atau kode area 123 saat Anda menggunakan ponsel Anda. 123 adalah nomor resmi pusat panggilan PLN, dari mana Anda hanya mengikuti instruksi langsung dari operator. Namun, tarif normal akan dikenakan biaya untuk panggilan ini.

Cara memeriksa rekening listrik PLN melalui SMS Gateway 8123

Setiap pengguna pinjaman ponsel juga dapat memanggil akun listrik melalui SMS ke nomor resmi PLN atau SMS Gateway 8123. Untuk pemeriksaan bulanan, Anda dapat memasukkan nomor pelanggan REG (spasi) dan mengirimkannya ke 8123.

Anda juga dapat mengaktifkan layanan notifikasi untuk akun penagihan bulanan melalui SMS gateway 8123. Caranya adalah dengan mengirim SMS secara langsung dalam format ID pelanggan (spasi) ON (spasi) ID dan mengirimnya ke 8123. Jika Anda ingin berhenti berlangganan pemberitahuan akun listrik bulanan Anda, Anda cukup mengirim SMS dengan formatPLN (spasi) OFF (spasi) ID pelanggan dan mengirimkannya kembali ke number123.

Biaya untuk SMS gateway agak lebih mahal daripada tarif operator SMS biasa. Biayanya adalah Rp 500 ditambah PPN 10% jika Anda menerima pesan teks dari PLN.

Cara memeriksa akun listrik PLN melalui situs web PLN

Cara ketiga adalah yang termuda dan tentu saja yang paling praktis, karena di zaman seperti ini adalah semua orang online dengan bijak mereka? Untuk memeriksa akun listrik di PLN, Anda dapat langsung mengunjungi situs web resmi PLN di http://www.pln.co.id/info-rekening/tagih.php dan langsung memasukkan nomor pelanggan yang Anda miliki. Jika kesalahan terjadi pada halaman, Anda juga dapat menggunakan layanan verifikasi daya pihak ketiga. Cara terbaik untuk memeriksa tagihan listrik melalui cekbill.com.

Bahkan dari pihak ketiga, kami dapat mengonfirmasi bahwa situs tersebut “asli” dan cukup akurat. Caranya adalah dengan membuka halaman cek, klik pada tagihan PLN, dan masukkan nomor pelanggan dan captcha. Terakhir, klik Periksa Faktur.

Cara memeriksa rekening listrik PLN melalui aplikasi resmi PLN

Jika Anda perlu membuka halaman situs web PLN di atas, ini berbeda dari metode terakhir. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile dari app store dan Google Play store dan mendaftar terlebih dahulu.

Setelah Anda mendaftar dan dapat langsung masuk ke aplikasi, simpan profil Anda. Ketika Anda pergi ke halaman utama, aplikasi secara otomatis menampilkan tagihan bulanan Anda di bagian atas aplikasi.