Mengetahui Cara Membersihkan Sofa Kayu Mudah dan Praktis

Sofa dengan bahan kayu memiliki pesona tersendiri bagi siapa saja yang melihat atau menggunakannya. Terutama bila sofa tersebut terbuat dari bahan kayu jati. Kita ketahui, kualitas dari kayu tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Dalam penggunaan sofa kayu jati memiliki kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya dengan beragam kelebihan yang dimiliki. Lalu bagaimanakah cara membersihkan sofa kayu jati secara benar?

baca juga: cuci sofa tangerang kota tangerang banten

Cara Membersihkan Sofa Kayu Mudah dan Praktis

Membersihkan sofa berbahan layu cukup mudah dan praktis. Asalkan pembersihan tersebut dilakukan secara benar, maka sofa kayu akan tetap awet. Sofa kayu merupakan salah satu furniture yang dapat memberikan kesan hangat serta alami dibandingkan dengan jenis furniture lain.

Sebagian besar masyarakat banyak yang memilih sofa dengan berbahan kayu, terutama kayu jati dibandingkan dengan material lain. Hal ini dikarenakan sofa kayu jati memiliki sifat yang lebih tahan lama dan memberikan kesan klasik dari jenis sofa lain. Hal ini tentu menjadikan sofa kayu cukup populer dalam penataan interior rumah.

 

Cara Mencuci Sofa Kayu Jati

Sofa kayu mudah kotor karena berbagai hal, seperti debu atau kotoran lain. Udara dan debu juga dapat membuat kursi dan sofa kayu menjadi mudah kotor. Terutama pada sofa kayu yang di-finishing secara natural atau bahkan tidak di-finishing sama sekali, akan mudah kotor jika tidak dibersihkan secara rutin.

Dalam penggunaan sofa berbahan kayu jati, diperlukan adanya perawatan yang tepat agar tetap terjaga keawetannya. Berikut ini cara membersihkan sofa berbahan kayu jati yang benar, antara lain:

Membersihkan dari Debu dan Kotoran

Dalam penggunaan sofa kayu jati, disarankan sofa agar selalu bersih dari debu dan kotoran dengan tujuan agar tetap menjaga keawetan furniture tersebut. Apabila sofa kayu dibiarkan kotor, maka akan membuat permukaan kayu menjadi mudah lapuk.

Cara membersihkan kursi kayu berdebu, dapat anda lakukan dengan menggunakan lap bersih yang diberi minyak khusus pembersih kayu agar permukaan kursi tersebut lebih terawat dan mengkilap.

Atau anda dapat menggunakan vacuum cleaner mini yang dilengkapi dengan sikat khusus pada bagian ujungnya. Hal ini cukup efektif dalam membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada sofa kayu.

kunjungi juga web mengenai jasa cuci sofa daerah tangerang

Membersihkan Kursi Kayu yang Tidak Divernis

Untuk kursi yang tidak melalui proses vernis, disarankan bagi anda untuk menggunakan kain yang telah dibasahi dengan campuran air hangat dan sabun formula lembut. Selanjutnya gunakan kain ini untuk menyeka tiap bagian kursi kayu. Lantas keringkan dengan menggunakan kain untuk cegah kayu menghisap terlalu banyak kelembaban dimana dapat membuatnya cepat lapuk.

Membersihkan Kursi Kayu yang Divernis

Sedangkan pada kursi atau sofa kayu yang divernis, anda perlu menggunakan wax atau semir dalam membersihkannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga permukaan kayu dari kelembaban serta debu.

Sedangkan jika sofa kayu anda terkena noda lengket, maka cara membersihkan sofa kayu tersebut dengan menggunakan lab basah. Selanjutnya keringkan dengan menggunakan kain kering dengan tujuan menghindari kelembaban sofa kayu agar tidak mudah lapuk.