Cara Membuat Roti John

Cara Membuat Roti John

Berburu Roti John di Condet (Jakarta) – my eat and travel story

Halo teman-teman semua sebelumnya apa kabarnya nih? masih mencoba untuk sabar ya walaupun dirumah jangan jadi pemalas loh, kali ini kita mau bahas Cara Membuat Roti John loh teman-teman makanya tunggu apalagi mari kita terus bereksperimen mumpung dirumah enaknya buat camilan kan? makanan ini seperti sandwich loh teman-teman karena bentuk rotinya yang panjang dan berisi telor dadar bisa dibilang martabak telornya orang barat mungkin ya hehe.

Cara membuat dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  • 150 gram daging giling ( atau daging cincang)
  • 1 buah bawang bombay ( cincang halus)
  • 1 batang daun bawang (cincang halus)
  • 3 butir telur
  • 1 tsb sambal terasi (pakai sambal favorit masing-masing)
  • 1/2 sdt bubuk kari
  • 1/2 roti baquette  (belah dua tapi jangan sampai putus)
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Mayoneise , saos sambal dan extra sambal untuk pelengkap
  • Sedikit minyak atau margarin untuk menggoreng telur

Catatan : saya tambahkan irisan cabe dalam adonan telur

Cara buat roti johnnya :

  1. Dalam wadah campur daging giling, bawang bombay, daun bawang,  telur , 1 sdt sambal, bubuk kari, garam dan merica secukupnya. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan minyak, gunakan wajan yang agak besar, dadar campuran telur tadi (saya bagi menjadi dua bagian). Masak hingga telur agak matang dibagian bawah.
  3. Letakkan roti baquette yang sudah dibelah dua diatas telur dadar tadi sambil di tekan-tekan dengan spatula.
  4. Balikkan roti sehingga dadar telur ada di bagian atas, tekan-tekan agar telur melekat dan roti sedikit lebih pipih serta bagian bawahnya jadi lebih renyah.
  5. Setelah itu tangkupkan roti kearah dalam sehingga dadar telur berada di tengah roti.
  6. Angkat roti John dari wajan dan potong-potong sebelum disajikan. Nikmati roti John dengan cocolan mayoneis atau saos sambal.
  7. Selamat mencoba.

Peluang Usaha Dari Cara Membuat Roti John

Berikut adalah beberapa keunggulan untuk membentuk usaha Roti John dibandingkan dengan para pesaing camilan lainnya :

  • Tidak memerlukan juru masak atau keahlian khusus

Roti John memberikan training bagi mitra dalam hal pengelolaan bisnis termasuk dalam meracik sampai menyajikan Roti John. bahan baku, topping, dan roti John sudah disediakan dikantor pusat. Jika stok bahan baku anda habis anda bisa langsung membelinya di kantor pusat.

  • Biaya investasinya sangat terjangkau

Biaya investasi menjadi sebuah poin krusial bagi beberapa orang, anda mungkin salah satu diantaranya. bukan hanya memikirkan mengenai untuk menghemat modal, namun karena bisnis yang baik ialah bisnis yang mempunyai modal yang minim dan hasilnya optimal. Oleh karena itu, anda yang serius ingin membangun bisnis ini pasti sudah melakukan riset harga dari berbagai sumber yang ada.

  • Dilengkapi dengan sejumlah layanan dukungan

Roti John juga memberikan layanan seperti dukungan pengelolaan bisnis bagi mitra, misalnya fasilitas mempromosikan iklan gratis melalui media sosial. mitra tidak akan kesulitan untuk memulai serta mengelola bisnisnya.

  • Bebas royalty fee

Roti John membebaskan mitra atas seluruh biaya penggunaan merek dan konsep bisnis Roti John. keseluruhan keuntungan atas penjualan produk Roti John merupakan hak mitra sepenuhnya.

  • Booth berkualitas

Roti John telah mendesain booth yang unik dan menarik dengan bahan dasar stainless steel, jadi selain unik dan menarik booth juga kuat dan tahan karat.

  • Lebih fleksibel

Desain booth yang unik dan praktis membuat Roti John fleksibel oleh sebab itu bisa ditempatkan dimana saja, bisa di mall, tempat wisata, event kuliner, dan tempat lain sebagainya.

Modal awal

Bagi anda yang ingin memulai usaha roti jhon, berikut ini adalah gambaran mengenai rincian modal awal untuk anda :

NoBarang inventasiHarga
1Booth/outletRp 1.800.000
2Kompor gas ukuran kecilRp 120.000
3Alat perlengkapan mebel lainnya seperti kursi dan mejaRp 500.000
Total biaya barang inventasiRp 2.420.000

 

NoModal awal yang harus anda keluarkan per bulanHarga
1MentegaRp 1.000.000
2Merica bubukRp 400.000
3Saus sambal,  tomat dan mayonaiseRp 1.000.000
4Telur ayamRp 900.000
5Gas LPG 3kgRp 140.000
6Listrik dan airRp 60.000
7Roti panjangRp 1.500.000
8Daging sapi/ayamRp 1.350.000
9Bahan baku lainnyaRp. 500.000
10Kemasan produk rotiRp 70.000
11Sewa lokasi boothRp 500.000
Total biaya yang harus dikeluarkan perbulannyaRp. 7.420.000
Menghitung keuntungan

Jika dalam satu hari usaha roti jhon yang kalian lakukan terjual hingga 30 potong perharinya, jika 1 potong ukuran besar di jual dengan harga Rp 20.000 maka dalam satu hari anda mendapatkan sekitar Rp 600.000.

Lalu jika dalam satu bulan maka penghasilan kotor yang anda terima sekitar Rp 600.000 x 30 hari = Rp 18.000.000. lalu bagaimana mana jika anda menghitung keuntungan dalam.

Usaha roti jhon anda? Maka anda dapat menghitung dengan penghasilan yang anda dapatkan per bulan Rp 18.000.000 dikurangi dengan biaya yang harus anda keluarkan perbulannya Rp. 7.420.000 maka keuntungan bersih yang anda dapatkan adalah Rp .10.580.000.

Analisis SWOT pada usaha roti john

  • Strength (kekuatan) : belum banyak pelaku pengusaha yang tahu banyak tentang peluang bisnis roti jhon ini. selain itu dengan modal yang terbilang tidak banyak, dapat memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan.
  • Weakness (Kelemahan) : masih sedikit masyarakat yang belum tahu dengan apa itu roti jhon, sehingga mereka belum banyak yang tertarik untuk membeli dan mengkonsumsinya.
  • Opportunity (peluang) : warga netijen atau remaja milenial yang tertarik dengan viral nya roti jhon, sehingga mereka mulai penasaran ingin membeli produk ini dan memberitahukan kepada yang lainnya.
  • Threats (ancaman) : jika pelaku pengusaha sudah tahu peluang besar usaha ini, maka akan semakin banyak saingan yang berdatangan.

Bagaimana teman-teman menarik bukan membahas camilan roti john ini? cara membuatnya simple dan banyak macamnya serta bisa divariasi dengan bahan isian lainnya. selain itu peluang usahanya juga terbilang masih sangat bisa untuk dibangun karena seperti penjelasan diatas masih sedikit yang menjualnya. mungkin cukup sekian dulu ya teman-teman untuk artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kalian berkarya dirumah masing-masing.