Cara Mengubah Resolusi Laptop Windows 10 Agar Lebih Tajam

Cara Mengubah Resolusi Laptop Windows 10 Agar Lebih Tajam – Hal ini sangat penting untuk memiliki pengaturan resolusi layar yang tepat pada PC Windows Anda karena akan memberikan tampilan yang lebih baik, lebih jelas dari suatu konten grafis. Baik itu konten berupa video maupun image .

Semakin tinggi resolusinya, semakin tajam gambar dan konten pada PC Anda.

Meskipun Windows memiliki pengaturan skala dan warna secara default untuk setiap layar pada masing-masing PC, termasuk juga pengaturan default untuk laptop Anda, Namun Anda akan lebih puas dan mungkin lebih sesuai jika memliki preferensi pengaturan resolusi layar laptop sendiri.

Dalam posting ini, kita akan belajar bagaimana mengubah resolusi layar, kalibrasi warna, teks ClearType, display adapter, mengubah ukuran teks, dan pengaturan layar lainnya pada Windows 10.

Untuk mensetting resolusi layar laptop Windows cukup mudah, dan Anda dapat mengakses pengaturan resolusi layar melalui menu Display Settings.

Cara Mengubah Resolusi Laptop Windows 10

Nyalakan desktop/ laptop Anda > klik kanan mouse > dan kemudian pilih menu Display Settings. Lihat gambar di bawah…

display setting cara mengubah resolusi layar laptop windows 10

Panel seperti berikut akan terbuka. Di sini Anda dapat menyesuaikan ukuran teks, aplikasi, dan elemen lainnya dan juga mengubah orentasi layar.

Untuk mengubah pengaturan resolusi layar laptop, gulir ke bawah di jendela ini dan klik Advance Display Settings.

advance display mengubah resolusi komputer windows 10

1366 X 768 adalah resolusi layar yang disarankan untuk PC/ laptop saya. Ini bisa berbeda untuk Anda.

Namun, Anda juga bisa mengubahnya jika Anda ingin mengubah resolusi pada laptop Anda agar object bisa tampil lebih besar.

Perlu diingat bahwa resolusi yang lebih rendah, maka akan semakin besar object yang ditampilkan di layar. Tetapi gambar/ object nya tidak tajam.

Klik drop-down Display Resolution, pilih opsi resolusi yang Anda inginkan > akan muncul pilihan Keep Changes atau Revert.

meningkatkan resolusi layar laptop windows

Jika memang ingin mengubah resolusi laptop, maka pilih Keep Changes.

Jika resolusi yang kamu pilih itu ternyata bukan konfigurasi optimal untuk sistem laptop Anda, Anda akan melihat pemberitahuan resolusi optimal seperti di bawah ini.

notifikasi resolusi optimal untuk pc windows

Kemudian pilihan ada di tangan Anda. Apakah mengabaikan notifikasi tersebut dan tetap memilih untuk menerapkan resolusi tersebut atau pilih Resolusi layar yang berbeda.

Anda hanya bisa menunggu 15 detik untuk membuat keputusan apakah resolusi akan diubah Keep Changes atau Anda akan memilih resolusi layar lainnya, atau akan kembali Revert ke pengaturan tampilan resolusi default seperti sebelumnya.

pengaturan display setting lainnya pada windows 10

Saat Anda berada di panel Advance Display Setting, Anda tidak hanya bisa mengubah resolusi layar laptop windows 10, tapi juga bisa mengubah beberapa setelan berikut:

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop

Mengubah Kalibrasi Warna Pada Windows 10

Anda juga dapat mengkalibrasi layar Anda di sini dengan mengklik kalibrasi warna. Membuka Wizard kalibrasi warna, selanjutnya Anda tinggal mengikuti petunjuk dan menyesuaikan pengaturan sesuai instruksi.

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini di mana Anda dapat menyesuaikan bagaimana warna muncul di layar dengan menggerakkan kalibrasi setingan warna merah, biru dan hijau.

Kalibrasi Teks Yang Jelas Pada Windows 10

Jadikan teks pada layar laptop Anda lebih jelas dengan mengaktifkan kotak kecil ini di bawah bagian hapus teks.

Ketika Anda mengklik hapus teks jenis, buka penala teks di mana Anda kemudian mengikuti petunjuk, dan kemudian klik tombol “berikutnya” untuk menyesuaikan teks pada monitor laptop Anda.

Mengubah ukuran teks dan elemen lain yang canggih

Di menu ini Anda dapat menyesuaikan ukuran teks, aplikasi, dan item lainnya di PC Anda, termasuk bilah judul, Menu, kotak pesan, dsb.

Mengubah Properti Adapter Tampilan

Di menu Display Settings juga bisa mengubah properti Adapter tampilan seperti berikut:

Meskipun Anda secara manual menyesuaikan pengaturan, perlu diingat bahwa skala layar dan resolusi layar juga tergantung pada ukuran layar fisik komputer Anda dan resolusi yang bisa diterima.

Dan dalam beberapa kasus yang terbaik (jika tidak optimum jika diubah) adalah untuk membiarkan resolusi dan skala layar laptop tetap dalam settingan default nya.