Cara Naik Kereta di Jepang

Berikut adalah panduan tentang cara naik kereta di Jepang yang dapat Anda jadikan referensi ketika mengunjungi negara tersebut saat traveling, baik itu solo traveling atau mengikuti paket wisata ke luar negeri.

1. Kategori kereta

Berikut merupakan beberapa kategori kereta yang ada di Jepang:

  • Kereta lokal (kakueki-teisha atau futsu-densha)
    Kereta lokal berhenti di setiap stasiun.
  • Kereta cepat (kaisoku)
    Kereta cepat melewati beberapa stasiun. Tidak ada perbedaan harga tiket antara kereta lokal dan kereta cepat.
  • Ekspres (kyuko)
    Kereta ekspres berhenti di stasiun yang lebih sedikit daripada kereta cepat. Biasanya tidak ada perbedaan harga tiket antara kereta lokal dan ekspres.
  • Ekspres terbatas (tokkyu)
    Kereta ekspres terbatas hanya berhenti di stasiun utama. Untuk naik kereta ini Anda harus membayar sekitar 500 dan 4000 yen tergantung pada seberapa jauh Anda bepergian. Di antara perusahaan yang mengenakan biaya ekspres terbatas adalah JR (Japan Railway).
  • Super express (shinkansen)
    Shinkansen hanya dioperasikan oleh JR dan menggunakan jalur dan platform terpisah. Biaya ekspres terbatas harus dibayar selain tarif dasar. Biasanya antara 800 dan 8000 yen tergantung seberapa jauh Anda bepergian.

2. Kategori tempat duduk

Di kereta jarak jauh, JR menawarkan pilihan antara dua kelas: kursi biasa dan kursi hijau (kelas satu). Kebanyakan kereta lokal hanya memiliki gerbong biasa. Kursi kelas satu tidak terlalu ramai dan menawarkan tempat duduk yang lebih luas, tetapi biasanya 30% hingga 50% lebih mahal daripada biaya normal.

Sebagian besar shinkansen dan kereta ekspres terbatas memiliki kursi non-reservasi (jiyū-seki) dan reservasi (shitei-seki), sementara beberapa hanya memiliki kursi yang hanya dipesan khusus. Kursi di kelas satu sering kali dipesan semua. Di sebagian besar kereta lokal, cepat, dan ekspres, semua kursi tidak dipesan. Biaya pemesanan kursi sekitar 300 hingga 700 yen, tetapi gratis dengan Japan Rail Pass.

Terdapat pula ruang merokok yang berventilasi baik dan dipisahkan dari area tempat duduk di sepanjang Shinkansen Tokaido / Sanyo.

3. Membeli tiket

Kartu IC prabayar, seperti Suica dan Icoca, menyederhanakan proses penggunaan kereta. Jika tidak menggunakan kartu IC, wisatawan dapat membeli tiket untuk perjalanan jarak pendek di mesin tiket, sedangkan tiket dan kursi untuk perjalanan jarak jauh dapat dibeli di loket  atau mesin tiket tertentu.

Membeli tiket di mesin tiket (untuk perjalanan jarak pendek)

  • Temukan tujuan Anda dan tarif yang sesuai pada peta di atas mesin penjual otomatis. Peta menunjukkan jalur kereta dan stasiun di wilayah tersebut. Harga tiket ditampilkan di samping setiap stasiun.
  • Masukkan uang ke mesin penjual otomatis. Kebanyakan mesin menerima koin 10, 50, 100 dan 500 yen dan uang kertas 1000 yen. Banyak mesin juga menerima nominal yang lebih besar.
  • Pilih jumlah tiket yang ingin Anda beli. Standarnya adalah satu, jadi jika Anda bepergian sendirian, Anda dapat melewati langkah ini.
  • Tekan tombol yang menunjukkan jumlah tiket Anda.

Terkadang nama stasiun di peta hanya ditulis dalam bahasa Jepang. Jika Anda tidak dapat menemukan tujuan dan tarif terkait, Anda dapat membeli tiket dengan harga serendah mungkin, dan membayar selisihnya di mesin penyesuaian tarif di stasiun tujuan.

Membeli tiket di loket

Untuk membeli tiket, Anda perlu memberikan informasi berikut:

  • Jumlah penumpang
  • Tanggal perjalanan
  • Stasiun Keberangkatan
  • Stasiun Tujuan
  • Kereta biasa atau kelas satu
  • Preferensi kursi reservasi atau non-reservasi

Jika Anda ingin memesan tempat duduk, Anda perlu memberikan informasi tambahan berikut:

  • Nama dan nomor kereta atau waktu keberangkatan

Jika Anda tidak bisa berbahasa Jepang dan ada antrian, disarankan agar Anda menulis data di selembar kertas dan memberikannya kepada penjual agar proses pembelian lebih lancar. Formulir khusus untuk tujuan itu (beberapa dalam bahasa Inggris) sebenarnya disediakan di beberapa stasiun, tetapi jarang digunakan oleh pelanggan.

4. Memasuki zona tarif berbayar

Setelah membeli tiket, Anda dapat melanjutkan melalui gerbang tiket. Di gerbang tiket otomatis, masukkan tiket ke dalam slot, berjalan melalui gerbang dan ambil tiket di sisi lain. Jika Anda memasukkan tiket yang tidak valid, gerbang akan ditutup dan alarm akan berbunyi. Jika Anda menggunakan kartu IC, sentuh pembaca kartu IC selama sekitar satu detik.

Untuk mengakses platform shinkansen, Anda harus melewati gerbang tiket kedua atau terpisah. Mereka biasanya diberi tanda dengan baik.

5. Peron stasiun

Temukan peron Anda dengan mencari jalur dan arah kereta Anda. Tanda-tanda terpenting ditulis dalam bahasa Jepang dan Inggris, dan semakin banyak juga dalam bahasa Cina dan Korea.

Di banyak peron, tanda di lantai menunjukkan lokasi pintu kereta yang akan datang. Penumpang yang menunggu akan berbaris di belakang tanda itu.

Dalam kasus kereta jarak jauh, tanda tambahan akan menunjukkan nomor gerbong dan apakah gerbong tersebut adalah gerbong biasa atau kelas satu, dan apakah kereta tersebut membawa cadangan atau bukan cadangan.

6. Mengendarai kereta

Tunggu penumpang keluar sebelum masuk kereta. Berhati-hatilah agar tidak menghalangi pintu di stasiun, terutama jika kereta sedang ramai. Letakkan ransel di rak bagasi atau di lantai di dekat kaki Anda agar tidak mengganggu penumpang lain.

Sebagian besar penumpang kereta Jepang sedang membaca, tidur, atau menggunakan ponsel. Namun, berbicara di ponsel di dalam kereta dilarang, kecuali di bagian pintu masuk shinkansen dan kereta ekspres terbatas.

Stasiun yang akan datang dan jalur penghubung diumumkan dalam bahasa Jepang. Di shinkansen dan beberapa jalur lain yang sering digunakan oleh pengunjung asing, pengumuman juga dibuat dalam bahasa Inggris. Shinkansen dan kereta baru lainnya memiliki tanda elektronik di setiap gerbong yang menunjukkan stasiun selanjutnya.

7. Di stasiun tujuan

Nama stasiun di peron ditulis dalam kanji, hiragana, dan bahasa Inggris. Nama stasiun sebelumnya dan yang akan datang juga ditampilkan.

Di tujuan Anda, tinggalkan zona tarif berbayar melalui gerbang tiket dengan cara yang sama saat Anda masuk. Saat membayar dengan satu tiket, tiket disimpan di mesin saat keluar.

Jika Anda tidak membayar tarif yang benar untuk stasiun tujuan Anda, Anda harus membayar selisihnya di mesin “Penyesuaian Tarif” sebelum berangkat melalui gerbang. Jika tidak ada mesin seperti itu, Anda dapat membayar selisihnya di gerbang yang ada penjaganya.