Destinasi Wisata Cagar Alam Pancoran Mas Depok

Cagar Alam Depok telah terdapat semenjak era penjajahan Belanda. Tempat konservasi yang pula diketahui dengan nama Cagar Alam Pancoran Mas ini kabarnya berumur lebih tua dibandingkan Kebun Raya Bogor. Tempat wisata alam tersebut berlokasi di Kelurahan Depok, Pancoran Mas, Depok.  Bagi anda yang tinggal di kecamatan cinere dan hendak mengunjungi tempat ini silahkan menghubungi penyedia layanan rental mobil cinere lepas kunci agar perjalanan anda lebih menyenangkan.

Cagar Alam Pancoran Mas rental mobil depokPada abad ke- 17 Depok mempunyai daerah hutan yang lumayan luas. Bersamaan berkembangnya era, hutan di wilayah tersebut terus menjadi menurun sebab dijadikan lahan pertanian. Buat mengestimasi penyusutan luas hutan, Nederlands Indische Verenig Ing Tot Natuur Berscherming( Perhimpunan Proteksi Alam Hindia Belanda) yang terletak di dasar pemerintah kolonial menetapkan hutan di pinggir Kampung Pitara bagaikan hutan lindung. Cagar alam tersebut ialah hutan konservasi awal di Hindia Belanda.

Kala itu, hutan tersebut ditempati oleh bermacam fauna sangat jarang semacam kijang, harimau Jawa, kancil, rusa, monyet, bangau putih, serta kelinci hutan. Pohon- pohon yang menjulang besar pula ialah tempat tinggal sempurna buat sebagian tipe burung. Hutan tersebut pula ialah tempat berkembang 40. 000 tipe tumbuhan obat herbal.

Dikala ini keadaan Cagar Alam Depok memanglah tidak semacam 4 abad kemudian. Wilayah di dekat cagar alam sudah berganti jadi pemukiman padat penduduk. Kawasan cagar alam juga terus menjadi menyempit. Semula luas cagar alam menggapai 30 hektar, namun dikala ini cuma tinggal 6 hektar. Buat menanggulangi perihal ini pemerintah Depok terencana memasang pagar kawat berduri di pinggir hutan lindung.

Kawasan Cagar Alam Depok masih jadi rumah untuk sebagian binatang. Dikala berkunjung ke mari Kamu berkesempatan menjumpai hewan seperti

kera, menjangan, serta musang. Halaman hutan Raya pula jadi tempat hidup sebagian tipe ular serta burung. Tidak hanya fauna, di mari wisatawan pula masih bisa menciptakan aneka tumbuhan semacam saninten( Castranopsis acuminatisima), damar( Agathis dammara), puspa( Schima wallichi), serta kemiri( Aleuritas molluccana).

Buat mengarah cagar alam yang tahun 1999 diganti namanya jadi Halaman Hutan Raya ini Kamu bisa memakai kendaraan individu. Dari Jakarta simak rute mengarah Depok. Sehabis hingga Jalur Sawangan Raya masuk ke Jalur Pitara. Berikutnya belok kiri pada pertigaan awal tepatnya di Jalur Cagar Alam.