Google Ads / Google Adwords Kena Pajak

Apakah mereka beriklan di Google Ads / Google Adwords atau perusahaan digital yang memberikan layanan jasa iklan google adwords ? Bersiaplah untuk dikenakan Biata Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Mulai 1 Oktober 2019, Google Indonesia akan memungut Biata Pajak PPN 10% untuk iklan atau Google Ads / Google Adwords yang dibuat di Indonesia.

Dalam pernyataan resminya, Google Indonesia akan bertindak sebagai penerbit faktur sebagai penjual kembali layanan. “Mengikuti peraturan Biata Pajak setempat, semua penjualan iklan Biata Pajak di Indonesia akan dikenakan Biata Pajak PPN 10%. Perubahan ini memengaruhi akun Google Ads / Google Adwords dengan alamat penagihan di Indonesia,” kata Google seperti dikutip pada hari Senin. (2/9/2019).

Google menambahkan bahwa jika pengguna layanan iklan ingin mendapatkan Biata Pajak pemotongan 2% dari pembayaran, Google meminta bukti pengurangan Biata Pajak asli atau bukti pengurangan.

“Untuk pelanggan dengan status pembayar PPN, Anda diharuskan memberi Google bukti pembayaran PPN (Surat Pembayaran Biata Pajak / SSP) dengan mengirimkan dokumen fisik asli dan yang ditandatangani,” jelas Google.