Karakteristik Makalah

Makalah Sebutkan salah satu karya tulis yang membahas suatu permasalahan tertentu serta disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas, yang digunakan sebagai sarana untuk mendemonstrasikan pemahaman penulis tentang pokok bahasan yang sudah dikaji dengan menggunakan prosedur dan prinsip serta teori yang berhubungan dengan masalah tersebut. Makalah ini sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan dari pemahaman penulis melalui isi dan berbagai sumber yang telah digunakan untuk memecahkan suatu persoalan, makalah ini bukanlah rangkuman dari suatu keadaan.

Makalah Sebagai karya tulis ilmiah memiliki beberapa fungsi yakni dapat melatih penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar sehingga dapat semakin menarik dan mudah untuk dicerna oleh para pembacanya, dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis, dapat memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan ataupun cara pemecahan masalah. Adapun makalah memiliki beberapa karakteristik yang biasanya terdapat didalamnya berikut beberapa karakteristik dari makalah.

Karakteristik makalah

Makalah biasanya mengandung berapa unsur yang sama yang disebut dengan karakteristik, berikut karakteristik yang biasanya terdapat dalam makalah.

  1. Mendemonstrasikan pemahaman penulis

Makalah biasanya berisi pokok-pokok pikiran yang dimiliki oleh seorang penulis tentang permasalahan teoritik yang digaji. Di sini kemampuan menulis dalam menuangkan ide pikirannya serta menerapkan prosedur prinsip serta teori yang berhubungan dengan topik  akan sangat terlihat, di mana Ini berarti seberapa jauh pemahaman penulis terhadap topik yang sedang dibahas juga sangat terlihat dalam penulangannya di makalah.

  1. Akurat dan menyeluruh

Makalah biasanya disusun dengan menggunakan beberapa literatur yang terpercaya seperti penelitian ataupun jurnal. Sehingga maka Allah akan menyajikan fakta dengan gagasan yang akurat, serta dalam menyajikannya pun akan lengkap dan tuntas membahas suatu topik. Makalah ini juga akan menjelaskan beberapa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para pembaca topik dengan penjelasan yang baik, lengkap dan memiliki sumber rujukan yang jelas.

  1. Penulisan benar secara teknis

Makalah memiliki aturan-aturan dalam penulisannya, pembuatan makalah seharusnya terbebas dari kesalahan gaya bahasa, kesalahan tata bahasa, kesalahan tanda baca, kesalahan penggunaan fakta, dan kesalahan ejaan. Penyusunan makalah biasanya telah tertata dengan baik karena telah memiliki aturan, pun dalam makalah tersebut materi yang ditata merupakan materi yang logis dengan menggunakan kata-kata formal dan ilmiah.

Dalam penulisan makalah harus selalu memperhatikan susunan dan sumber rujukan yang digunakan, karen makalah adalah bentuk karya tulis ilmiah yang baku sehingga dalam penulisanya harus mengikuti aturan. Demikian artikel tentang Karakteristik Makalah, semoga bermanfaat.

Baca informasi lainnya mengenai : Sistem Pengembangan SDM