Mengetahui Perbandingan Kusen Aluminium vs UPVC

kusen aluminium vs UPVC: Penggunaan kusen kayu pada sebuah bangunan memiliki beberapa kekurangan, seperti adanya pengeroposan yang disebabkan oleh perubahan cuaca atau adanya serangan hama seperti rayap. Bahan kusen dari kayu yang pada awalnya sangat kokoh akan menjadi keropos serta tidak layak untuk digunakan dalam menopang kaca jendela dan lain sebagainya. Untuk menanggulangi hal tersebut, saat ini terdapat bahan kusen selain kayu yang dapat digunakan dalam bangunan anda, yakni kusen aluminium serta kusen UPVC. Di sini akan kita bahas mengenai kelebihan kusen aluminium vs UPVC secara lebih jelas.

baca juga: kusen aluminium bandung barat

Mengetahui Perbandingan Kusen Aluminium vs UPVC

Kusen merupakan bagian dari konstruksi pintu dan jendela yang berfungsi dalam membentuk hubungan antara pintu maupun jendela dengan dinding, baik itu dengan pasangan beton atau bata. Kusen adalah salah satu bagian utama yang dapat memberikan kemungkinan peletakkan daun pintu maupun jendela dapat dibuka dan ditutup secara baik.

 

Perbandingan Kusen Berbahan Aluminium dengan UPVC

Saat ini banyak masyarakat yang menggunakan kusen dengan bahan aluminium dan kusen berbahan UPVC. Kedua bahan kusen memiliki beberapa kesamaan diantaranya terbukti tahan air, tahan terhadap serangan hama seperti rayap, serta tahan akan perubahan cuaca. Selain itu juga dari segi bobot, kedua bahan ini sama-sama ringan sehingga cukup mudah dalam hal pemasangan serta dalam hal pengangkutan. Dari segi perawatan pun kedua bahan ini cukup sederhana dan mudah.

cek juga: toko lantai vinyl bandung

Pada kusen aluminium memiliki tampilan kusen yang lebih ramping, ramah lingkungan karena dapat didaur ulang, serta tahan lama. Akan tetapi, model yang dimiliki oleh kusen aluminium sudah standar sehingga tidak variatif. Oleh karena itu, kusen berbahan aluminium tidak sesuai digunakan pada rumah bergaya klasik yang memiliki banyak ornamen. Selain itu juga, pemasangannya pun relatif lebih sulit.

Untuk bahan kusen UPVC tidak mudah patah, dengan bagian dalam yang sering diberi rangka dari baja atau besi galvanis agar lebih kokoh. Selain itu, pemesanannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

Mengenai harga kusen aluminium vs UPVC, harga kusen UPVC relatif lebih mahal dibandingkan dengan kusen aluminium, terutama pada kusen UPVC dengan profil baja memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Sedangkan untuk harga kusen aluminium di pasaran lebih terjangkau.

Dengan memperhatikan perbandingan kusen aluminium vs UPVC diatas, tentu anda dapat lebih bijak dalam menentukan jenis kusen pengganti kusen kayu pada rumah anda.