Menghadapi Banjir Ketika Hujan

banjir saat hujan

Hujan yang terjadi di daerah rawan banjir akan menjadi hal yang sangat menakutkan, bagaimana tidak, sudah terbayang bagaimana air masuk ke dalam rumah dan merusak perabotan rumah tangga, keadaan menjadi kacau dan berantakan.

Kadang ada sebagian muslim yang bertanya, kenapa hujan turun malah menjadi bencana, bukankah hujan itu rahmat?

Benar dan tidak di ragukan lagi bahwa hujan adalah rahmat, lalu kenapa rahmat malah menyebabkan banjir?, banjir dan rahmat Allah bersamaan datangnya hujan tidak ada hubungannya, banjir hubungannya dengan dosa dan maksiat.

Jika terjadi banjir karena turunnya hujan, itu bukan karena hujannya tapi karena banyaknya dosa yang sudah kita perbuat, karena dalam suatu keterangan disebutkan bahwa musibah yang terjadi adalah karena dosa dan maksiat yang dilakukan.

Cara Agar Tidak Terjadi Banjir Dikala Hujan

Jadi cara agar hujan yang turun tidak menimbulkan banjir kita perlu melakukan hal hal berikut :

Bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas dosa yang telah kita lakukan, taubat disini adalah taubat yang sebenar benarnya taubat atau taubatan nasuha, yaitu berazam untuk tidak melakukan dosa itu lagi dan menyesali perbuatan dosa tersebut.

Membaca doa ketika hujan, yang bacaan latinnya adalah Allahumma Shoiban Nafian, yaitu meminta agar di turunkan kebaikan dengan datang nya hujan tersebut. Membaca doa hujan ini sudah lama di tinggalkan oleh kaum muslimin sehingga hujan yang turun malah membawa bencana.

Ikhtiar Duniawi Agar Tidak Banjir

Diatas adalah ihtiar meminta kepada Allah agar di selamatkan dari banjir ketika hujan turun, dan ada lagi ihtiar yang bisa kita lakukan adalah dengan ikhtiar duniawi yaitu ikhtiar dengan melakukan hal hal yang akan mencegah banjir. Diantaranya adalah.

Tidak membuang sampah sembarangan, menjaga agar gorong gorong lancar tidak ada yang menyumbat, membuat sumur resapan, agar air yang turun bisa langsung masuk kedalam tanah, dan ini adalah cara yang efektif untuk mengindari banjir.

Jika sudah melakukan ikhtiar tersebut tapi masih banjir juga maka bersabar adalah senjata terakhir kita, ikhlas menerima musibah ini dan berharap agar Allah Subhanahu wa Ta’ala melimpahkan ampunan kepada kita, karena ada hadist yang menerangkan bahwa musibah apapun yang menimpa seorang muslim maka akan di angkat derajatnya dan di ampuni segala dosanya.

Point penting disini adalah kita melakukan doa dan ikhtiar kepada ALLAH juga melakukan ikhtiar duniawi, yaitu melakukan segala sesuatu yang bisa menghambat banjir seperti yang sudah kami tuliskan di atas.

Ingin baca artikel islami silahkan kunjungi website https://penaungu.com.