Merenovasi Rumah Lama Menjadi Minimalis, Gimana Sih Caranya?

renovasi rumah tua

Punya rumah tua gak apa-apa asal bisa nyaman di buat berteduh dari panas dan hujan, tapi kalau rumah tua dibuat semuda mungkin pasti lebih enak kan, enak dipandang, enak buat neduh, enak dijadiin background pas foto keluarga juga.

Nah, agar rumah lama bisa menjadi muda lagi, gimana sih caranya?

Tenang kok, nih disini ada beberapa cara merenovasi rumah lama yang bisa dijadiin panutan untuk Anda yang ingin membangkitkan jiwa mudah sebuah rumah.

5 Merenovasi Rumah Lama Menjadi Minimalis

  • Buat Rancangan Dulu

desain rumah

Untuk yang pertama kali, Anda harus membuat sebuah rancangan dulu.Gak mungkin kan kalau Anda tiba-tiba langsung renovasi tanpa persiapan apapun.

Untuk itu buat rancangan dulu, buat denah rumah Anda yang akan direnovasi, tentukan rumah Anda akan dirombak seperti apa, dan juga perhatikan saluran air dan listrik Anda, apakah harus ikut diubah atau tidak.

Yang terpenting saat akan merenovasi rumah Anda perlu yang namanya dana yang banyak.

  • Pilih Material Yang Cocok

material rumah

Pemilihan material untuk rumah yang minimalis harus ditentukan dengan benar.Untuk rumah minimalis material yang dipiluh tidak perlu banyak-banyak yang penting memiliki kesan indah dan juga dijamin kekuatannya.

Perhatikan tekstrur, warna, dan bentuk material agar dapat memberikan kesan minimalis yang kuat.

  • Banyakin Konsep Terbuka

rumah terbuka

Kenapa banyakin konsep yang terbuka? Karena rumah yang minimalis itu terlihat menyenangkan dengan pencahayaan yang kuat.Rumah minimalis memiliki kesan bersih yang kuat, jadi jangan heran kalau Anda harus memberikan konsep yang terbuka.

Konsep terbuka tersebut bisa Anda aplikasikan dengan memperbanyak adanya jendela, jika tidak Anda tidak usah memberikan banyak jendela tapi diganti dengan jendela yang berukuran besar.

  • Warna Buat Se-Cozy Mungkin

warna monokrom

Pewarnaan juga akan membangun kesan minimalis yang kuat.Memang semua rumah pasti diberi warna, tapi untuk rumah dengan desain minimalis kebanyakan menggunakan pilihan warna monokromatik, seperti hitam, putih, atau warna primer yang dicampur dengan warna hitam atau putih.

Yang terpenting tampilkan rumah minimalis Anda dengan warna yang cozy, ini akan membuat rumah Anda menjadi tidak membosankan dan memberikan kesan hangat dan nyaman.

  • Pendekorasian Jangan Sampai Lupa

dekorasi rumah

Minimalis memang lebih mementingkan fungsi pada sebuah objek, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menambah dekorasi pada rumah Anda.Jika Anda tidak memberikan polesan keindahan dalam rumah Anda maka rumah Anda nanti akan terkesan mati dan kurang dalam hal estetika.

Jika ingin menambahkan dekorasi yang bisa Anda gunakan sekali, maka Anda bisa memilih jenis furniture minimalis yang memiliki desain unik.Contohnya saja jika Anda ingin menghias dinding maka Anda bisa menggunakan rak dinding yang unik untuk penempatan buku atau dekorasi kecil lainnya.

Jadi gimana nih, gampang kan cara mau renovasi rumah.Itu bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk Anda yang ingin merenovasi sebuah rumah.Untuk Anda yang tinggal di derah Jabodetabek, saat ini ada banyak jasa renovasi lengkap terpercaya di Jabodetabek yang dapat membantu perenovasian rumah Anda.

Semoga bermanfaat.