Pengertian Teks Eksposisi: Ciri – Ciri dan StrukturTeks Eksposisi

Mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang wajib saat kita berada di bangku sekolah mulai dari SD sampai SMA atau SMK sederajat. Ada beberapa kasus dan juga beberapa teknik untuk memecahakn suatu masalah, salah satunya adalah teks eksposisi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai teks eksposisi mulai dari pengertian, ciri – ciri dan jenis teks eksposisi. Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai teks eksposisi, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai pengertian teks eksposisi.

 

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah sebuah tulisan atau teks yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan usulan pendapat pribadi mengenai suatu topik atau pun masalah yang ada, dimana di dalmnya ada argumen yang berfungsi untuk menegaskan serta mendukung pendapat yang dibuat

 

Ciri – Ciri Teks Eksposisi

Berikut ini adalah ciri – ciri atau karakteristik teks eksposisi, antara lain.

  • Mempunyai sifat informatif.
  • Bahasa yang digunakan memiliki sifat lugas dan tidak bertele – tele.
  • Bersifat akurat mengenai hal yang disampaikan
  • Tidak memaksakan kehendak si penulis kepada seorang yang membaca teks eksposisi tersebut.
  • Berisi 5W+1H.

 

Struktur Teks Eksposisi

Terdapat 3 (tiga) struktur teks eksposisi, diantaranya adalah Tesis, Argumentasi, dan Penugasan Ulang. Berikut ini adalah penjelasan dari masing – masing teks eksposisi, antara lain.

  • Tesis/Pernyataan Pendapat, pada bagian ini berisi pernyataan pendapat atau tesis dari seseorang yang membuat sebuah teks eksposisi. Bagian ini berada di awal teks eksposisi.
  • Argumentasi, bagian ini berada di posisi tengah sebuah teks eksposisi. Bagian ini adalah bagian yang berisi alasan si pembuat teks ekposisi pro atau kontra terhadap suatu permasalahan.
    Penegasan ulang, adalah struktur dari teks ekposisi yang berada di bagian akhir. Bagian ini adalah bagian yang emnegaskan ulang pendapat dari si pembuat mengenai teks eksposisi tersebut.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan emngenai teks eksposisi mulai dari pengertian, ciri – ciri, dan struktur teks eksposisi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi. www.pintarnesia.com