Waktu Mustajab Untuk Berdoa

waktu mustajab untuk berdoa

Berdoa adalah kegiatan meminta kepada ALLAH, baik meminta dunia maupun meminta kehidupan yang abadi nanti di akhirat berupa pahala dari amal yang kita perbuat, dalam berdoa ini kita di perbolehkan untuk meminta apapun asalkan yang baik dan bukan suatu kebururkan.

Tapi banyak dari kita yang sudah berdoa dengan khusu dan juga sudah berdoa dengan rajin tapi kenapa doa saya tidak di kabbulkan juga, apanya yang salah, apakah ada syarat lain agar doa saya di terima, ini juga salah satu hal yang harus di pahami oleh kita bahwa doa memiliki 3 keadaan dalam pengabulannya.

Baca juga: Hadist Tentang Menuntut Ilmu

Terkabulnya Doa di Tiga Keadaan

Doa dikabulkan sesuai dengan yang kita minta, misal kita berdoa untuk meminta motor sport Ninja 250, dan kita setelah berdoa tidak lama dapat motor sport seperti yang di inginkan, inilah permintaan sesuai dengan yang terjadi.

Doa di kabulkan tapi tidak dalam bentuk yang  di minta, atau dengan kata lain di kabulkan cuma bentuknya lain, misal kita berdoa seperti di atas meminta motor sport ninja 250, dan yang terjadi kita hanya mendapatkan motor yamaha vixion yang jauh dibawah ninja 250, tapi dengan mendapatkan motor di bawahnya tersebut,ALLAH gamti dengan keselamatan dan kesehatan kita.

Doa di kabulkan nanti di akhirat dalam bentuk pahala, misal kita meminta motor ninja 250, dan ternyata kita tidak mendapatkan ninja 250 maupun yamaha vixion bahkan tidakjuga motor bebek, tapi ALLAH menyiapkan pahala yang jauh lebih besar dari harga motor sport ninja 250, yaitu pahala yang berlipat di akhirat, dan pengabulan yang ketiga inilah sebenarnya yang paling besar manfaatnya.

Semua Doa Pasti di Kabulkan

Melihat dari ketiga cara ALLAH mengabulkan doa di atas, berarti setiap doa yang kita panjatkan pasti akan di kabulkan, cuma memang yang kita lihat adalah apa yang nampak oleh mata kita saja, tidak melihat apa yang di janjikan oleh ALLAH kelak di akhirat, sehingga kita dengan mudahnya berprasangka buruk bahwa doa kita tidakdi kabulkan.

Memang tidak salah jika kita meminta sesuatu dan mengharapkan sesuatu itu terkabul persis seperti yang kita mau, cuma jangan lantas jika tidak terkabul sesuai dengan yang kita minta lalu kita kesal dan berhenti berdoa. Dan untuk menajamkan lagi doa kita adalah kita berdoa di dalam waktu yang mustajab atau paling besar peluang untuk di kabulkan doa.

Baca Juga: Menghadapi Banjir Ketika Hujan

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Ada beberapa keadaan setiap harinya untuk kita berdoa dan itu masuk kedalam waktu yang di senangi dan akan memperbesar peluang di kabulkannya doa sesuai dengan yang kita inginkan, waktu paling mustajab berdoa adalah.

  1. Di sepertiga malam, waktu malam di saat orang sedang terlelap tidur, kita bangun untuk berdoa dan sholat lalu berzikir, karena diwaktu inilah ALLAH turun ke bumi dan mengabulkan setiap hamba yang berdoa memohon kepadanya.
  2. Antara Adzan dan iqomah, disaat kita sholat berjamaah dimasjib, setiap sehabis adzan sempatkanlah untuk berdoa karena diwaktu ini adalah salah satu waktu paling mustajab dalam berdoa, dan waktu ini ada 5 kali dalm sehari, jangan sampai terlewatkan, karena ini adalah waktu yang mudah untu kkita temui di bandingkan dengan sepertiga malam yang sangat sulit bagi orang yang tidak terbiasa bangun malam.
  3. Pada hari jumat setelah sholat ashar, waktu ini akan kita jumpai seminggu sekali yaitu pada hari jumat dan setelah sholat ashar, berdoalah di waktu tersebut karena menurut hadist sahih yang mahfumnya, tidak tertolak orang yang berdoa di waktu setelah sholat ashar di hari jumat.
  4. Saat berbuka puasa, puasa di sini bisa puasa sunnah senin kamis ataupun puasa wajib ramadhan, sebelum berbuka sempatkan untuk berdoa karena ini adalah waktu yang mustahab.

Di atas adalah waktu waktu mustajab terkabulnya doa, tapi bukan berarti kita hanya mengkhususkan doa diwaktu itu saja, sebaiknya berdoa di setiap keadaan dan juga jangan sampai tertinggal di waktu mustajab tersebut agar doa kita lebih mudah untuk terkabul.

Artikel ini di sadur dari penaungu.com, semoga kita bisa istiqomah dalam berdoa, baca artikel lain yang bermanfaat di penaungu.com salah satunya adalah: 5 Doa Sebelum Belajar Yang Ringkas: Arab, Latin dan Artinya.